"Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di website Badan Koordinasi TKA-TPA Kabupaten Sleman"......."Sekretariat : Malang, Caturharjo, Sleman Telp. (0274) 7861988 Email : badkotpakab.sleman@gmail.com"............"Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhory)....

17 Agustus 2009

PROFIL BADKO TKA TPA KAB. SLEMAN

I. Pendahuluan

“Badan Koordinasi Taman kanak-kanak Alquran (TKA) dan Taman Pendidikan Alquran (TPA) merupakan lembaga yang menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran Islam yang bertujuan menjadikan santri mampu membaca, memahami dan mengamalkan Alqur’an dengan baik dan benar sebagai target pokoknya.

II. Nama Lembaga

Badan Koordinasi (BADKO) Daerah TKA TPA Kabupaten Sleman .

III. Visi dan Misi

A. Visi

Menjadikan TKA TPA se Kabupaten Sleman sebagai wadah pembinaan dasar Alquran bagi generasi muslim yang terbina secara profesional.

B. Misi

  • Meningkatkan kualitas out put TKA TPA agar tumbuh menjadi generasi yang sholih-sholihah.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya ustadz agar mampu meningkatkan strategi dan metode pembelajaran TKA TPA dengan baik.
  • Menjalin ukhuwah dan silaturrakhmi antara pengurus BADKO Daerah, BADKO Rayon, ustadz dan santri TKA TPA dengan Pemerintah Kabupaten Sleman.

III. Dasar Hukum

1. Keputusan bersama Mendagri dan Menteri Agama RI No. 128 tahun 1982 / No. 44.A tahun 1982 tentang Usaha Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Huruf Alquran bagi umat Islam dalam rangka Peningkatan dan Pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

2. Instruksi Gubernur DIY No. 5/Ins/1997 tentang Gerakan Pemahaman dan Pengamalan Isi Kandungan Alquran bagi umat Islam di Propinsi DIY

3. Instruksi Bupati Kepala Daerah tingkat II Sleman No. 2/INSTR/KDH/1994 tentang Peningkatan Gerakan Baca Tulis Alquran bagi umat Islam di Kabupaten Sleman.

IV. Landasan Kegiatan

Keberadaan TKA TPA berdasarkan pada:

- Alquran Surat At Tahrim ayat 6:

$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3Î=÷dr&ur #Y$tR ...

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri dan keluargamu dari siksa api neraka”.

- QS. Al Muzammil : 4

“Dan bacalah Alquran dengan Tartil”

- Hadits Rasulullah

a. “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari)

b. “Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara; mencintai nabimu, mencintai kerluarga Nabi dan membaca Alquran” (HR. At-Thobroni).

Sasaran

1. Santri TKA TPA se Kabupaten Sleman.

2. Ustadz dan Pengurus Daerah TKA TPA Kabupaten Sleman.

3. Ustadz dan Pengurus Rayon TKA TPA Kecamatan se Kabupaten Sleman.

4. Direktur, ustadz, maupun aktivis remaja masjid yang peduli akan masa depan generasi penerus yang sholih-sholihah.

Sekretariat dan Tempat Kegiatan

a. Sekretariat

Malang, Caturharjo, Sleman, Yogyakarta.

b. Tempat Kegiatan TPA

Di seluruh wilayah dusun / desa se Kabupaten Sleman

Logo dan Semboyan

Penutup

TKA TPA sebagai wadah pembinaan generasi Qurani sangat strategis untuk menyiapkan dan membentuk generasi yang sholih-sholihah, terutama untuk menyongsong masa depan yang lebih gemilang. Untuk mencapai hal tersebut perlu sumberdaya ustadz yang sangat memadai baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Santri TKA TPA sebagai generasi harapan mengembangan amanah yang cukup berat dalam meniti kehidupan di masa datang, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dari sisi ilmu keduniawian, dan nilai taqwa dari sisi ukhrowinya. Sudah seharusnya kami selaku Pengurus BADKO Daerah TKA TPA Kabupaten Sleman melalui pengurus bermaksud menyelenggarakan kegiatan baik secara rutin maupun insidental di beberapa tingkat, baik skala kabupaten maupun kecamatan, sebagai tolok ukur keberhasilan Pendidikan Alquran. Dengan demikian kian tumbuh lagi semangat dan motivasi dalam belajar dan mendalami Alquran sebagai landasan dalam melaksanakan tujuan yang yang seiring dengan tujuan pendidikan nasional yakni Taqwa, Cerdas dan Trampil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dikelola oleh Team IT BADKO TKA-TPA Kabupaten Sleman